20 November 2006

Presiden Setuju Palembang Jadi Kota Wisata Sungai

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyambut baik prakarsa Pemda Sumsel dan Pemkot Palembang untuk menjadikan Palembang sebagai Kota Wisata Sungai di Tanah Air. "Saya sambut gembira prakarsa Pemda Sumsel dan Kota Palembang," kata Yudhono saat meresmikan pembangunan bandara. Ia mengharapkan mulai tahun 2006, mulai diadakan acara di sungai Musi yang mencirikan tumbuhnya kesenian dan budaya serta olah raga Palembang atau Sumatera Selatan.
Menurut Presiden, Palembang memiliki keunikan tersendiri yang mungkin tidak dimiliki kota lainnya di Tanah Air. "Palembang adalah salah satu kota sungai seperti Bangkok dan Phnom Phen (Kamboja)," katanya. Di Bangkok dan Pnhom Phen setiap tahun banyak wisatawan yang datang dan menyaksikan atraksi di sungai yang membelah kota, atraksi itu berkaitan dengan legenda dan mitos di daerah itu.
"Alangkah baiknya jika tradisi masyarakat Palembang yang terkait sungai Musi dan anak sungainya digali kembali untuk kepentingan atraksi parawisata," kata Presiden. Presiden juga meminta agar menggiatkan dan menggalakan olah raga terkait dengan air, seperti dayung dan arung jeram. Untuk itu Presiden meminta agar sungai Musi dan anak sungainya tidak kotor dan terpolusi, jika itu terjadi akan menjauh darinya.
Presiden mengatakan jika pariwisata di Palembang maju maka akan berdampak luas terhadap kesejahteraan masyarakat. Untuk itu ia meminta menteri pariwisata menpora dan pemda setempat serta masyarakat untuk mewujudkan Palembang menjadi wisata air.
sumber :Gatra.com