bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

21 March 2008

Sesi Jumat (Masjid Lawang Kidul)




Jumat kali ini saya mampir dan sholat di sebuah masjid yang bersejarah di Palembang, Masjid Lawang Kidul yang terletak di tepian sungai Musi dan belokasi di 5 Ilir ini umurnnya sudah tua, konon masjid ini wakaf dari anak Kiai Maroga. Bangunan cukup luas, di masjid utama bisa menampung jamaah sampai 600 orang, di bagian samping bisa menampung sekitar 300 jamaah.

2 comments:

  1. Masjid ini memang wakaf dari Kiai Marogan. Beliau mewakafkan dua masjid, yang salah satunya adalah Masjid Lawang Kidul.

    Ado tulisan dari K.H.O. Gadjahnata tentang Masjid Lawang Kidul. Tentang itu, kagek aku postingkan.


    > > Masjid Lawang Kidul yang terletak di tepian sungai Musi dan belokasi di 5 Ilir ini umurnnya sudah tua, konon masjid ini wakaf dari anak Kiai Marogan.

    ReplyDelete
  2. Kiai Haji Masagus Abdul Hamid (1810-1895) umum dikenal masyarakat Palembang dengan nama Kiai Muara Ogan (Kiai Marogan atau Kiai Merogan).

    Selain sebagai ulama yang alim, beliau juga seorang usahawan yang berhasil. Dengan hasil usahanya, beliau membangun dua masjid di tepian sungai yang kemudian beliau wakafkan. Kedua masjid tersebut ialah Masjid Muara Ogan di Kampung Karang Berahi, di tepian dekat pertemuan Sungai Musi dengan Sungai Ogan; dan Masjid Lawang Kidul, di kawasan 5 Ilir tepian Sungai Musi.

    ***
    Baru pacak nulis sependek ini :-)

    ReplyDelete

Silahkan tulis komentar anda di bawah ini